Buah apa yg paling bagus untuk penyakit jantung?

Buah untuk penyakit jantung, Berbicara penyakit jantung, tentunya membicarakan banyak faktor penyebabnya. Salah satunya adalah pola makan yang buruk dapat menimbulkan penyakit yang memicu penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga kolesterol tinggi.

Makanan apa yang baik untuk pengidap penyakit jantung?

beberapa jenis buah ini baik untuk kesehatan jantung, di antaranya:

1. Tomat buah untuk penyakit jantung
Tomat mengandung banyak kalium yang diduga dapat menjaga jantung agar tetap sehat. Di samping itu, buah ini mengandung senyawa antioksidan bernama likopen. Nah, likopen ini bisa membantu tubuh untuk menghilangkan lemak jahat, mengurangi serangan jantung, dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

2. Mengkudu, Turunkan Tekanan Darah Buah untuk penyakit jantung

Buah yang satu ini diduga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Makanya, mengkudu dapat menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi. Ingat, pengidap penyakit jantung harus selalu menjaga tekanan darahnya. Tekanan darah yang stabil bisa meminimalkan penyakit jantung dan stroke.

Mengkudu juga mengandung xeronin, vitamin, dan mineral penting yang mampu memperbaiki fungsi tubuh. Menariknya lagi, mengkudu juga kaya antioksidan. Nah, antioksidan ini membantu memperlebar saluran pembuluh darah yang menyempit. Dengan kata lain, jantung tidak harus bekerja ekstra untuk memompa darah.

3. Anggur, Kaya Antioksidan  Buah untuk penyakit jantung

Coba tebak, apa manfaat anggur bagi pengidap penyakit jantung? Buah ini mengandung antioksidan bernama polifenol dan resveratrol. Kedua bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah.

4. Buah Beri  Buah untuk penyakit jantung

Stroberi, blueberry, atau raspberry, memainkan peran sentral dalam kesehatan jantung. Buah berries kaya antioksidan bernama anthocyanin yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan.

5. Alpukat, Kaya Lemak Sehat  Buah untuk penyakit jantung

Alpukat merupakan salah satu buah yang baik bisa dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung. Buah ini kaya lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung. Lemak tak jenuh tunggal ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Awas, tingginya kadar LDL di dalam tubuh bisa memicu sederet masalah pada jantung.

Tidak cuma itu aja manfaat alpukat bagi pengidap penyakit jantung. Alpukat mengandung kalium, nutrisi penting yang dibutuhkan jantung. Menurut beberapa penelitian, 4,7 gram kalium perhari bisa menurunkan tekanan darah dan meminimalkan risiko terserang stroke.

6. Aprikot, Mengandung Banyak Vitamin  Buah untuk penyakit jantung

Selain dua buah di atas, aprikot juga baik untuk pengidap penyakit jantung. Buah ini mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta kaya kalium, serat, dan karotenoid. Semua nutrisi tersebut berkontribusi meningkatkan fungsi jantung.

Salah satu vitaminnya adalah vitamin C. Vitamin ini bisa melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Sedangkan kalium bisa menurunkan tekanan darah dengan “melemaskan” arteri dan pembuluh darah.

7. Buah Manggis, Antioksidan Super  Buah untuk penyakit jantung

Menurut beberapa penelitian, kulit manggis (bukan dagingnya) memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Kulit manggis yang telah diekstrak mengandung zat xanthones. Zat ini mengandung antioksidan yang membantu mengobati penyakit jantung. Xanthones diduga mampu mengurangi penumpukan lemak dan melebarkan pembuluh darah.

8. Jeruk, Melon, dan Pepaya  Buah untuk penyakit jantung

Selain delapan buah di atas, buah-buahan seperti jeruk, melon, dan pepaya tidak kalah baiknya. Ketiga buah ini banyak mengandung betakaroten, kalium, magnesium, dan serat yang memiliki banyak mafaat bagi kesehtan jantung.

Pola makan yang sehat dan menghindari berbagai kebiasaan buruk seperti merokok bisa menjauhkan dari penyakit jantung.

 Buah untuk penyakit jantung

1 Response to "Buah apa yg paling bagus untuk penyakit jantung?"