Berapa Biaya Operasi Jantung koroner

Penyakit Jantung Koroner (PJK) terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah arteri koroner. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah arteri koroner.

PJK dapat menimbulkan berbagai komplikasi hingga gagal jantung, yang berujung pada kematian. Gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak menjadi pemicu munculnya penyakit ini. Perlu diketahui juga, bahwa siapapun bisa menderita PJK jika tidak memperhatikan gaya hidup, seperti pola makan dan olahraga.

Gejala PJK awalnya adalah nyeri dada (angina), sesak napas, keringat dingin, dan mual. Jika nyeri pada dada terasa sangat intens, maka sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter. Jika segera ditangani, maka risiko komplikasi bisa diperkecil.

Penanganan PJK bisa dilakukan dengan memberikan obat-obatan yang bertujuan untuk mengurangi kolesterol, mengurangi tekanan darah, mengencerkan darah, serta mencegah infark miokard atau penyumbatan otot jantung. Infark miokard juga dikenal dengan sebutan serangan jantung.

Tindakan operasi yang dilakukan pada pasien PJK adalah stent untuk memperlebar arteri koroner, atau operasi bypass jantung jika diperlukan. Selain itu dokter juga bisa melakukan tindakan angioplasty pada pasien PJK untuk membuka pembuluh arteri koroner, dengan masukan selang kecil pada pembuluh darah.

Biaya stent jantung atau pemasangan ring jantung berkisar antara Rp 42 juta sampai Rp 80 juta. Sedangkan biaya angioplasty atau kateterisasi jantung adalah sekitar Rp 9,7 juta sampai Rp 10,5 juta.

Mahalnya biaya perawatan untuk penyakit jantung ini bisa dijamin asuransi asal tidak termasuk dalam poin pengecualian. Jika Anda mau asuransi menjamin perawatan penyakit jantung walaupun termasuk pengecualian, misalnya bawaan lahir, maka Anda harus membeli rider tambahan.

Harus diingat juga, bahwa angka yang kami cantumkan adalah biaya tindakan, dan belum termasuk biaya perawatan atau diagnosa. Jadi, pastinya Anda membutuhkan biaya lebih saat menjalani perawatan penyakit jantung.

Sumber :
https://www.aturduit.com/articles/biaya-penyakit-jantung-paling-umum/

0 Response to "Berapa Biaya Operasi Jantung koroner"

Post a Comment